Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati dan Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kubis (Brassica oleracea L)

Authors

  • Anggia Anggia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Vinarti Vinarti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Kubis, Pupuk Hayati, Pupuk Kandang Kambing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk hayati dan pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kubis. Penelitian ini di laksanakan pada bulan April sampai bulan Juli 2023, yang berlokasi di Desa Mata, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 ulangan, yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama H0 = Kontrol (tanpa pupuk hayati), H1 = Menggunakan pupuk hayati 250 ml/tanaman, H2 = Menggunakan pupuk hayati 500 ml/tanaman, dan H3 = Menggunakan pupuk hayati 750 ml/tanaman. Faktor kedua K0 = Kontrol (tanpa pupuk kandang kambing), K1 = Menggunakan pupuk kandang kambing 250 gr/tanaman, K2 = Menggunakan pupuk kandang kambing 500 gr/tanaman, dan K3 = Menggunakan pupuk kandang kambing 750 gr/tanaman. Data hasil pengamatan diolah secara statistik. Jika hasil analisis berpengaruh nyata maka akan di uji lanjut dengan BNJ dengan taraf 95%. Parameter yang diamati yaitu jumlah daun (helai), tinggi tanaman (cm), diameter krop (cm), dan berat segar krop (kg). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk hayati dan pupuk kandang kambing berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kubis (Brassica oleracea L).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anggia Anggia, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Jurnal Agriyan merupakan media cetak untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review) singkat, dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dipresentasikan dalam jurnal ini meliputi ilmu pertanian secara luas termasuk budidaya tanaman, ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman, agribisnis, sosial ekonomi pertanian dan teknik pertanian terapan. Kehadiran Jurnal Agriyan diharapkan mampu menjadi media komunikasi dan forum pembahasan keilmuan bagi staf pengajar dan mahasiswa khususnya dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Dayanu Ikhsanuddin

References

Aidah, S., N., 2020. Enseklopedi Kubis, Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya dan Peluang Bisnisnya. KBM Indonesia. Jogjakarta.

Aryani, N., Hendarto, K., Wiharso, D., dan Niswati, A., 2021. Peningkatan Produksi Bawang Merah dan Beberapa Sifat Kimia Tanah Tanah Utisol Akibat Aplikasi Vermikompos dan Pupuk Pelengkap. Journal of Tropical Upland Resources, 1(1): 145-160.

Aspan, A., 2017. Analisis Kandungan Unsur Hara Pupuk Kotoran Kambing. Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara. 2020. Provinsi Sulawesi Tenggara Dalam Angka 2020. Catalog BPS 1102001. 74 diakses melalui http//sultra.bps.go.id tanggal 5 April 2022.

Gomies, L., H., Rehatta, dan Nandissa,J., 2012. Pengaruh Pupuk Organik Cair R11 terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kubis Bunga (Brassica oleracea L.). Jurnal Agrologia. 1(1): 13-20.

Haryadi, D., Yetty, H., S., Y., 2015. Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kailan (Brassica alboglabra L). Jom Faperta. 2(2): 27-38.

Iwantari, A., 2012. Pengaruh Pemberian Biofertilizer dan Jenis Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Kubis (Brassica oleracea). Skripsi Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Surabaya.

Pramita, V., 2020. Pengaruh Bokashi Ampas Tebu dan NPK Organik Pada Tanaman Kubis (Brassica oleracea var capitata) Secara Berkelanjutan. Skripsi. Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Sihalolo, A. N., Purba, R., dan Haloho, Y., 2020. Respon Pertumbuhan dan Produksi Kubis (Brassica oleracea L.) dengan Pemberian Berbagai Jenis dan Dosis Pupuk Kandang. Jurnal Agroprimatech. 4(1): 10-17.

Simanullang, A., Y., 2019. Pengaruh Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Hijau (Brassica rapa L.). Hal: 15.

Sunarjono, H., 2012. Bertanam 30 Jenis Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Trisnawan, Y., 2018. Pengaruh Pemberian Pupuk NPK Organik dan Gandasil-D Terhadap Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L). Skripsi. Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Wijaya, Yuanita, V., R., Kurniastuti, T., dan Puspitorini, P., 2016. Respon Pupuk Kandang Kambing dan Pupuk NPK pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Hijau. Jurnal Viabel Pertanian. 10(1): 1-9.

Downloads

Published

2023-09-01