Fungsi Manajemen Pendidikan Karakter pada SD Negeri 3 Mawasangka Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah

Authors

  • Aswal Fajar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asmiddin Asmiddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v12i2.1497

Keywords:

manajemen, pengorganisasian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi manajemen Pendidikan Karakter pada SDN 3 Mawasangka Kecamatan Mawasangaka Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pembuatan kesimpulan dan verifikasi adalah tahapan analisis data. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) SDN 3 Mawasangka merencakan kegiatan pendidian karakter dalam pembelajaran secara terinterasi. Pada perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pembelajaran (RPP), telah integrasi kegiatan di luar pembelajaran berupa program peningkatan nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah, serta kegiatan ekstrakurikuler. (2) Pengorganisasian dimana di temukan struktur organisasi dalam mendukung pelaksanaan pendidikan karakter; pembagian tugas guru yang menangani pembelajaran; (3) pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, budaya sekolah, dan kegiatan pembelajaran. (4) pengawsan melalui penilaian sikap dan komponen guru untuk memajukan pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun, Ahmad Sawawi, Muh. Arafiq dan Layli Hidayah. “Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD”. Jurnal Sekolah Dasar. 23 (2): 139-151

Azhary, Luqman, Eko Handoyo & Muhammad Khafid. 2018.“The Implementation of Integrated Character Education in Policy Design at SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga”. Journal of Primary Education. 7 (2): 172-178.

Bahri, Saiful. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah”. Jurnal Ta’allum. 3 (1): 57-76.

Hendriana, Evinna Cinda dan Arnold Jacobus. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1 (2): 25-29.

Isnanda, Romi. 2015. “Peran Pengajaran Sastra dan Budaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Gramatika. 1 (2): 174-182.

Koesoema, Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta:PT Kanisius . 2015. Strategi Pendidikan Karakter. Yogyakarta : PT Kanisius.

Lestari, Ardiyaningsih Puji , Itang Ahmad Mahbub, Nerty Soverda dan Hayata. 2015. “Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Guru dan Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 30 (1): 26-29.

Liskayani, Sulastri. 2018. “Strategi Kepala Sekolah di Daerah Pedesaan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Karakter Warga Sekolahnya”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 3 (1): 77-89.

Lubis, Rahmat Rifai dan Miftahul Husni Nasution. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Ilmiah PGMI. 3 (1): 15-32.

Marzuki . 2012. “Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Karakter. 2 (1): 33-44.

Maunah, Binti. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa” . Jurnal Pendidikan Karakter. V (10): 90

Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murniyetti, Engkizar, dan Fuady Anwar. 2016. “Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Karakter. 6 (2): 156-166.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2017. Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suwandayani, Beti Istanti, Sa’dun Akbar, Fattah Hanurawan. 2016. “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Kelas I di SD Negeri Kauman I Kota Malang”. Jurnal Pendidikan. 1 (10): 1981-1986.

Terry, R. George (2012) Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta. Bumi aksara. (terjemahan)

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ala. (2012).

Wiliandani, Angga Meifa , Bambang Budi Wiyono, dan A.Yusuf Sobri. 2016.”Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Humaniora. 4 (3): 132-142.

Wuryandini, Wuri, Bunyamin Maftuh, Sapriya, dan Dasim Budimansyah. 2014 “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Jurnal Cakrawala Pendidikan.(2): 286-295.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam

Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuhri, Saifuddin. 2014. ”Implementasi Pendidikan Karakter di SD Islam al-Azhar Solo Baru”. Jurnal Suhuf. 26 (2): 131-147.

Zuchdi, Darmiyati (2011). Pendidikan karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles