PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PUSKESMAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN DI PUSKESMAS KOTA BAUBAU

Authors

  • Rasifa Rasifa Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v12i1.1255

Keywords:

Gaya kepemimpian, Kualitas Pelayanan, Pasien Puskesmas

Abstract

Pemimpin kurang peduli pada kualitas pelayanan publik, sehingga pelayanan tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala puskesmas terhadap kualitas pelayanan pasien di puskesmas Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pasien yang pernah berobat di puskesmas Kota Baubau dan petugas yang bekerja di puskesmas Kota Baubau yang terpetakan dalam 17 wilayah puskesmas di Kota Baubau. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan 2 jenis analisis yakni analisis univarial untuk melihat distribusi frekwensi masing-masing dimensi variabel, dan analisis bivariat untuk melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala puskesmas di Kota Baubau dapat menumbuhkan semangat kerja dalam melayani pasien, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,1 atau dikategorikan baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpian Kepala Puskesmas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pasien di Puskesmas Kota Baubau sebesar 91,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto. 2006. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayan Publik. Yogyakarta. Pustaka

Dwiyanto, et all. 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM. Yogyakarta

Ebrahim, Alnoor, 2010, The Many Faces Of Non Profit Accountability, Haarvard Business School

Elwood. 2003. Manajemen Operasi dan Produksi Modern, Edisi Kedelapan, Jilid Satu, Binarupa Aksara, Jakarta.

Etzioni, Amitai. 2010. Organisasi-Organisasi Modern, Terjemahan Suryatim, Jakarta : UI Press

Hakam. (2016). Analisis, Perancangan dan Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan. Gosyen Publishing.

Hardani dkk. (2020). Metode penelitian Kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Ibrahim, Amin, 2005. Administrasi Publik Kontemporer (Cakrawala Baru Dalam Melihat Secara Sistemik Administrasi Publik). Pasca Sarjana Unpad-Unsri, Bandung-Palembang.

Lembaga Administrasi Negara-RI (LAN-RI), 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta.

Lukman, Sampara & Sugyanto, 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Mohammed Aslam Sumhudi, “Komposisi Riset Desain” Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, Jakarta 1985

Ndraha, T. (2003). Teori Budaya Organisasi. PT. Rineka Cipta.

Neong, M. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yogyakarta: Rake Sarasin.

Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, 2004. Kajian Sistem dan prosedur Pelayanan Birokrasi Pemerintah Daerah. LANRI, Bandung

Phil Astrid S. Susanto. (1986). Filsafat Komunikasi (Cetakan II). Binacipta.

Saydam, G. (2000). Manajemen Sumber daya Manusia: Suatu pendekatan Mikro. Djambaran.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles